Bangunan berbahan peti kemas / kontainer bekas kini semakin digemari oleh berbagai kalangan, usia, dan latarbelakang, mulai untuk kebutuhan tempat tinggal, kantor perusahaan, gudang, atau booth usaha kreatif semisal kedai kopi atau restoran.

Baca juga: Model dan Jenis Kontainer Modifikasi

Bagi kalangan milenial yang sangat kreatif, inovatif, dan begitu informatif, rumah juga berfungsi sebagai kantor atau tempat menjalankan aktivitas, rutinitas, bahkan pekerjaan. Sehingga mereka mencari konsep rumah yang sebisa mungkin memenuhi kebutuhan dasar sebagai generasi milenial; rumah yang minimalis, praktis dalam perawatan, elegan, sekaligus fungsional.

Sebagian besar beranggapan bahwa memulai proses pembangunan rumah konvesional berbahan kayu atau semen, terlalu berbelit dan lama dalam pengajuan ijin administrasi atau penggerjaannya. Selain itu, kesadaran akan penggunaan kayu atau penambangan pasir sebagai bahan baku semen yang berimbas kepada kerusakan hutan/alam semakin menyakinkan mereka untuk beralih ke bangunan berbahan barang bekas, yang lebih ramah lingkungan.

Bangunan berbahan barang bekas seperti apa? Mungkinkah?

Jawabannya, sangat mungkin!
Salah satu contoh barang bekas yang dapat digunakan sebagai bahan dasar bangunan adalah peti kemas atau container, yang biasa digunakan untuk pengiriman jarak jauh atau ekspedisi via kapal laut. Jika sudah terjadi penurunan kondisi mencapai 80-75%, peti kemas tersebut biasanya tidak akan digunakan kembali demi meminimalisir resiko kerusakan pada muatan di dalamnya.

Lantas kemana perginya kontainer bekas tersebut?
Hanya ada dua kemungkinan, yang pertama didaur ulang untuk kemudian digunakan kembali. Yang kedua, dibiarkan hingga berkarat di gudang, di pinggir jalan, bahkan ada yang ditenggelamkan di lautan. Tentunya hal tersebut bisa merusak ekosistem secara luas jika dilakukan secara kontinyu dan besar-besar setiap waktunya.

Apa yang dapat dilakukan kaum milenial?


Pilihan mereka dengan beralih ke kontainer bekas sudah tepat. Artinya, kaum milenial sudah turut mengurangi sampah dan terlibat dalam penyelamatkan lingkungan demi keberlangsungan alam di masa mendatang. Selain itu, impian mereka untuk memiliki hunian yang minimalis, praktis dalam perawatan dengan harga terjangkau tetap terwujud.

Hunian ramah lingkungan bukan hanya impian belaka!


Baca juga: Kenapa Pilih Kami?


Category
Tags

Comments are closed

2019 Copyright PT. Global Perkasa Mekanindo

WhatsApp Konsultasi Via WA